Dewika Setiawati Nasution

Kamis, 02 Juni 2011

Contoh RPP Kimia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                      : SMA N 1 PANOMBEIAN PANE
MATA PELAJARAN    : KIMIA
KELAS / SEMESTER   : X / 1 (satu)


Standar Kompetensi
1.        Memahami struktur atom, sifat – sifat periodik unsur dan ikatan kimia

Kompetensi Dasar
1.1.  Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa   atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

Indikator
1.        Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
2.        Membedakan Periode dan Golongan
3.        Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
4.        Menuliskan konfigurasi elektron berdasarkan tabel periodik
5.        Menuliskan konfigurasi elektron jika nomor atomnya diketahui
6.        Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton
7.        Mendiskripsikan jari – jari atom dengan sifat – sifat periode lainya
8.        Menjelaskan perbedaan teori atom satu dengan teori atom lainya
9.        Menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom.

Alokasi Waktu   :  6 x 45 menit ( 3 x pertemuan)
A.      Tujuan Pembelajaran
       Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat
·          Membandingkan sistem periodik yang satu dengan sistem periodik yang lainnya
·          Membedakan Periode dan Golongan
·          Menentukan partikel dasar atom
·          Menuliskan konfigurasi elektron dan menentukan letaknya dalam S P U
·          Menuliskan konfigurasi elektron jika nomor atomnya diketahui
·          Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton
·          Mendiskripsikan jari – jari atom dengan sifat – sifat periode lainya
·          Menjelaskan perbedaan teori atom satu dengan teori atom lainya
·          Menjelaskan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom.

B.   Materi Pembelajaran
·           Perkembangan tabel periodik unsur.
·           Periode dan Golongan
·           Struktur atom (partikel-partikel dasar atom)
·           Konfigurasi electron
·           Isotop, isobar, isoton
·           Sifat keperiodikan unsur
·           Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern
·           Kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom.

C.   Metode Pembelajaran
a.           Model pembelajaran    :     C T L
b.          Metoda                      :       Diskusi kelompok, Tanya jawab

D.   Langkah-langkah
       Pertemuan ke-1 (2 x 45 menit)
       a.     Kegiatan Awal
Motivasi     :    Coba kalian amati alat-alat rumah tangga yang berasal dari logam disekitar kalian ?. Apa saja yang kalian tahu? Sebutkan!
Prasyarat    :    Zat tunggal (Unsur)
b.         Kegiatan Inti
·      Membimbing siswa membentuk kelompok
·      Memberikan kesempatan pada siswa/peserta didik untuk membaca buku tentang system periodik unsur
·      Peserta didik mendiskusikan tentang sifat keperiodikan unsur dan perkembangan teori atom
·      Peserta didik mendiskusikan tentang cara pengelompokan unsur pada system periodik unsur
·      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan yang lain menanggapi
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok lain yang hasilnya sangat bagus.

Pertemuan ke : 2 ( 2 x 45 menit )
a.         Kegiatan Awal
Motivasi     :    Apakah anda pernah memakan roti kismis ?. Apa saja bagaimana rasanya dan apa saja isinya?
Prasyarat    :    Lambang Atom
b.    Kegiatan inti
§  Membimbing siswa membentuk kelompok
§  Memberikan informasi untuk mengkaji referensi tentang partikel penyusun atom serta penebaran elektron dalam kulit atom
§  Peserta didik mendiskusikan tentang partikel penyusun atom serta konfigurasi elektronnya
§  Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan yang lain menanggapi
§  Memberikan penghargaan kepada kelompok lain yang hasilnya sangat bagus
§  Membantu siswa dalam mengambil kesimpulan

       Pertemuan ke : 3 ( 2 x 45 menit )

b.   Kegiatan inti
§  Membimbing siswa membentuk kelompok
§  Memberikan informasi untuk mengkaji refernsi tentang partikel penyusun atom serta penebaran electron dalam kulit atom
§  Peserta didik mendiskusikan tentang partikel penyusun atom serta konfigurasi elektronya
§  Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan yang lain menanggapi
§  Memberikan penghargaan kepada kelompok lain yang hasilnya sangat bagus
§  Membantu siswa dalam mengambil kesimpulan

c.   Penutup
§  Peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan
§  Memberikan penguatan
§  Memberikan tes secara lisan tentang dasar – dasar pengelopokan atom dalam system periodik.
§  Peserta didik melakukan refleksi untuk melihat kekurangan  pelajaran hari ini


E.   Sumber Belajar
·      Buku Paket Kimia I
·      Tabel Periodik Unsur

F.   PENILAIAN
      1.   Teknik penilaian
            Tes tulis
2.      Bentuk instrument
-  Tes uraian
      3.   Instrumen

Soal:
No
S O A L
Jawaban
Skor
1.




2.



3.





4.



5.




6.








 7.




8.







9.






10.





 1.


2.
Sistem periodic modern disusun berdasarkan pengelompokan unsure menurut:
a.       Newlands             d.  H. mosley
b.      Dobereiner            e.  Mendeleev
c.       Luther Meyer
Unsur-unsur yang memiliki kemiripan sifat diletakkan dalam:
a.       Golongan yang sama        d.  Blok yang sama
b.      Periode yang sama            e.  Kulit yang sama
c.       Wujud yang sama
Unsur  20Ca terletak pada:
a.       Golongan IVA periode 2
b.      Golongan IIA periode 4
c.       Golongan IIB periode 3
d.      Golongan IIIA periode 3
e.       Golongan IIA periode 3
Berikut ini adalah konfigurasi dari Na+ adalah:
a.       2 8 1                d.   2 9
b.      2 8 8 1             e.   2 2 8
c.       2 8
Suatu atom X memiliki 18 proton, dan 22 neutron. Atom X terletak pada golongan…… periode……
a.       IA dan 3            d.  VIIIA dan 3
b.      IVA dan 4         e.   IIA dan 4
c.       VIIA dan 3
Nomor atom suatu unsure adalah 58 dan nomor massa salah satu isotopnya adalah 140. Jumlah electron, proton dan neutron yang terdapat dalam atom unsur tersebut adalah:
a.       Electron 58, proton 24, neutron 58
b.      Electron 58, proton 82, neutron 58
c.       Electron 58, proton 58, neutron 84
d.      Electron 58, proton 58, neutron 140
e.       Electron 58, proton 58, neutron 82

Unsur dengan nomor atom 53 terletak pada golongan:
a.       Alkali                    d.  Gas mulia
b.      Alkali tanah          e.   Transisi
c.       Halogen

Diketahui Ar Fe=56, Ca=40, Ni=59, Mg=24, Cu=63,5, N=14, dan O=16. Diantara senyawa berikut yang memiliki Mr terkecil adalah:
a.       Fe(NO3)2                  d.   Cu(NO3)2
b.      Ca(NO3)2                  e.   Mg(NO3)2
c.       Ni(NO3)2                  

     Diketahui atom berikut:
13Cl36, 19K39, 13Al27, 15P30, dan 14Si28. Atom yang merupakan isoton adalah:
a.       Cl dan K                  d.   P dan Si   
b.      Cl dan Al                 e.   Al dan Si  
c.       K dan Al   

Massa atom relative (Ar) Cu=63,5 di alam terdapat isotop 63Cu dan 65Cu. Persentasi isotop 63Cu adalah:
a.       80%                          d.   30%
b.      75%                          e.   25%
c.       50%  

Inti atom sangat kecil, berada jauh di pusat atom. Seandainya inti atom sebesar bola tenis ( dimeter 6,5 cm ). Perkirakanlah inti atomnya!
Diantara atom-atom berikut: B, Al, C, Si, perkirakan atom unsure mana yang memiliki energi ionisasi paling kecil!
a.      80%                          d.   30%
b.       75%                          e.   25%
c.       50%                         


D




A



B





C



D




E









C





E





 E






B






Essay


Essay
2




2



2





2



2




2









2




2






2






2






5


5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar